Senin, 13 April 2009

Rumah Sakit Jiwa Siap Tampung Caleg yang Stres

Anonymous writes "

Gagal meraih cita-cita bisa menyebabkan seseorang stres. Karena itulah sejumlah Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di daerah, termasuk Sumatera Utara (Sumut), siap menampung caleg yang mengalami gangguan jiwa karena gagal terpilih pada Pemilu 2009.

Kesiapan tersebut diungkapkan Direktur RSJ Sumut Donald FS kepada wartawan di Medan, Selasa (24/3/2009).

Menurut Donald, dari sekitar 5.000 caleg yang akan bertarung memperebutkan kursi legislatif, baik DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten Kota, diperkirakan lima belas sampai dua puluh orang akan mengalami gangguan kejiwaan berat. Sedangkan kemungkinan caleg akan mengalami gangguan jiwa ringan akibat tidak terpilih sekitar 10 sampai 20 persen.

"Itu bila kita memakai rumus tiga permil yang dianut WHO. Dari 5.000 caleg, diperkirakan hanya lima belas sampai dua puluh orang saja yang kemungkinan mengalami gangguan jiwa berat," kata Donald.

Pasien yang mengalami gangguan jiwa ringan dan sedang, tidak perlu dirawat di RSJ. Sebab rumah sakit ini hanya merawat pasien yang mengalami gangguan jiwa berat.

RSJ Sumut memiliki kapasitas tempat tidur sebayak 450 unit ditambah 30 tempat tidur yang ada di bangunan baru. Jumlah tenaga medis dan perawat yang tersedia mencapai 100 orang.

"Pada penerimaan PNS baru-baru ini, kita mendapat penambahan empat puluh orang lagi. Jadi jumlah perawat kita menjadi 140 orang," jelas Donald.

Tidak ada komentar: